1000 Kata dari Jogja

1000 Kata dari Jogja

1000 kata 2

Salam Wonosobo Muda!

Sabtu (30/4) lalu, Wonosobo Muda Chapter Yogyakarta  mempersembahkan “1000 Kata dari Jogja”, sebuah program yang bertujuan untuk memberikan inspirasi, motivasi dan informasi kepada pemuda-pemuda di Wonosobo khususnya siswa SMA/SMK/MA mengenai jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan kehidupan perkuliahan. Teman-teman dari WM Jogja bercerita semua pengalaman dan keluh kesahnya dari awal lulus SMA sampai di titik sekarang ini. Tujuannya kita pengen anak-anak SMA tidak mengalami kebingungan memilih jurusan dan universitas, juga tidak minder dengan halangan apapun demi meraih mimpinya. Disini kita juga share info beasiswa, kiat-kiat struggle di kota orang dan bagaimana mengatasi culture shock ketika keluar dari kampung halaman.

Yah intinya kita meng-encourage semua anak muda Wonosobo untuk dare to dream big and take a step out from their comfort zone. Jangan minder dengan kota-kota besar lain. Kita percaya Wonosobo juga punya banyak siswa jenius dan brilian. Kita memang dari kota kecil, tapi kita mempunyai mimpi besar dan berani mengambil langkah besar, kita juga dapat membesarkan kota kita tercinta.

Acara yang diselenggarakan di ruang rapat DPRD Kabupaten Wonosobo ini  mengundang masing-masing dua (2) perwakilan OSIS tiap SMA/SMK/MA di kabupaten Wonosobo.

Dihadiri 21 siswa, dari SMA Takhasus, SMK Pelita Al Qur’an, SMA 1 Kaliwiro, SMA 1 Kertek, SMA 1 Selomerto, SMK Muhammadiyah Wonosobo, SMK 2 Wonosobo, SMA 1 Wonosobo, SMA 2 Wonosobo, dan SMA NU Kejajar, mereka ini diharapkan menjadi agen informasi terkait pendidikan dan perkuliahan bagi siswa lain di sekolahnya.

Dibuka pukul 9 oleh  Fadlika selaku ketua acara “1000 Kata dari Jogja”, dilanjutkan penyampaian materi tentang “Pentingnya Pendidikan di Perguruan Tinggi Untuk Investasi di Masa Depan”  dari Agam Budi Satria, yang juga merupakan koordinator Wonosobo Muda Chapter Jogja.

Tak hanya itu, acara dimeriahkan Tongat Setiadi dan rekan-rekan dari StandUp Comedy Wonosobo. Sesi games semakin  mengakrabkan panitia dan para siswa hingga sesi sharing mimpi dan harapan di penghujung acara yang diikuti para peserta dengan sangat antusias. Keresahan, kebingungan para siswa banyak tersampaikan di forum sharing langsung dengan kakak-kakak mahasiswa yang telah berpengalaman.

Sharing seperti ini sesuai apa yang kami butuhkan, sangat berharap tidak berhenti sampai  acara ini saja,” ujar salah satu peserta.

 

Acara ditutup dengan di-launching-nya booklet #1000KatadariJogja yang dapat diakses di  http://1000Kata.wonosobomuda.com. Kami harap bisa menginspirasi kawan muda semua karena berisi cerita dan testimoni pemuda Wonosobo yang telah mengenyam maupun sedang menempuh  pendidikan di kota lain, sebagai bentuk kepedulian dan motivasi untuk siswa SMA/SMK/MA untuk sukses mencapai cita-cita mereka dan memperdalam keilmuan di tingkat pendidikan tinggi.Selain itu juga akan dibentuknya grup Whatsapp yang beranggotakan delegasi dari masing-masing sekolah (nantinya grup ini akan berisi update info beasiswa dll), yang diharapkan bisa menjadi pusat info untuk sekolahnya.

Tetapi karena banyak siswa SMA yang tidak memiliki Whatsapp, maka solusi yang kami tawarkan adalah membuat grup di Facebook. Yang nantinya akan diisi informasi pendidikan dan beasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *