Laporan Keuangan Project Ramadhan #BerbagiDiPasar

Laporan Keuangan Project Ramadhan #BerbagiDiPasar

Rabu, 15 Juli 2015, bertepatan dengan dua hari menjelang lebaran, telah dilaksanakan kegiatan pembagian sembako kepada 100 lebih bapak tukang pikul dan mbok gendong yang ada di Pasar Induk Wonosobo. Acara ini diselenggarakan oleh Wonosobo Muda, Mbakyu Blogger dan Wonosobo Zone di Masjid Al Manshur.

ramadan1

Terima kasih banyak kami ucapkan, kepada seluruh donatur yang telah menyumbang, berapapun, untuk membantu mengukir senyum mereka di hari lebaran. Dan terima kasih juga kepada rekan-rekan yang membagikan dan menyebarkan acara ini melalui media apapun.

Ada 120 paket yang berhasil dibagikan. Selain mendapat paket untuk keperluan lebaran, mereka juga mendapatkan takjil berupa nasi bungkus dan sop buah, yang juga merupakan sumbangan dari donatur. Dan para mbok gendong juga mendapat mukena yang merupakan sumbangan dari Bapak Bupati.

Acara diisi dengan talkshow tanya jawab sederhana tentang kondisi pasar saat ini terutama kondisi pasca kebakaran. Ternyata kebakaran pasar juga sedikit banyak mempengaruhi pendapatan mereka, yaitu jadi menurun.

Beberapa panitia sempat bertanya secara personal kepada bapak tukang pikul dan mbok gendong. Tahukah kamu, bahwa sehari mereka bisa saja tidak mendapatkan penghasilan sama sekali atau penghasilan hanya sedikit. Padahal rumah butuh ongkos untuk angkot, bahkan tak jarang yg berjalan kaki dari pasar hingga rumah yang jaraknya lumayan jauh.

Mereka tetap berusaha meskipun dengan penghasilan yg tak seberapa. Mereka juga masih tetap bersyukur. Malu lah kita jika saat ini, badan masih sehat, diberi kecukupan dan diberi kenikmatan untuk menimba ilmu, kita masih mengeluh dan malas berusaha.
Sebagian besar dari mereka juga sudah berumur, bisa dibayangkan dengan kondisi badan makin menua, mereka tak lelah berusaha untuk mencukupi kebutuhan hidup. Mereka kuat, jiwa raga. Kita yang masih muda, seharusnya tak kalah semangat dong ya 😀

Dari kegiatan itu, kami semua tidak memberi tapi malah menerima banyak sekali pelajaran hidup. Bahwa kita harus terus bersemangat dalam hidup apapun kondisinya, bersyukur apapun keadaannya, dan tetap bekerja keras seberapapun hasilnya 🙂

Berikut laporan keuangan untuk kegiatan ini.

LAPORAN-KEUANGAN-BERBAGI-SEMBAKO-15-JULI-2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *