Gerakan Jembatan Pendidikan Indonesia #JEMBATANI 2.0 Part 1

Gerakan Jembatan Pendidikan Indonesia #JEMBATANI 2.0 Part 1

01-06 Februari  2016

Wonosobo, 01 Februari 2016 menjadi hari pertama dilaksanakan Gerakan Jembatan Pendidikan Indonesia atau JEMBATANI 2.0 Part 1, tepatnya di Desa Gesing, Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gerakan ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu dilakukan di Desa Jojogan. Pada kali kedua ini Jembatani mendatangi tiga sekolah di tiga kecamatan yang berbeda, yaitu MI Ma’arif Gesing Kecamatan Garung, SD Tanjunganom Kecamatan Kepil, dan SD Patakbanteng Kecamatan Kejajar. Misi tahun kedua ini adalah bahwa kami ingin mengajak masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan ini. Dengan niat ingin memperluas kebermanfaat Jembatani, Wonosobo Muda sebagai induk organisasi membuka sekaligus mengajak semua orang yang tertarik mengikuti kegiatan untuk mendaftarkan diri menjadi volunteer. Selain mengajak volunteer dari luar organisasi, Sekolah-sekolah sasaran pun kami sebar kedalam beberapa daerah berbeda di Wonosobo.

jembatani2

Nafas utama gerakan ini masih sama hanya saja dengan formula yang telah di kembangkan lagi. Adalah untuk menanamkan kembali kepada anak-anak bahwa mimpi atau cita-cita itu sangat penting, tentunya disampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Dengan menanamkan pentingnya cita-cita dari dini, diharapkan anak-anak akan semakin termotivasi untuk meraih mimpi dan cita-cita mereka. Pesan yang ingin disampaikan secara tidak langsung adalah untuk terus bersemangat mengenyam pendidikan apapun latar belakang dan masalah yang dihadapi siswa-siswi, karena kami yakin pendidikan adalah hak setiap anak.

Dengan jumlah volunteer yang kurang lebih mencapai 18 orang, serta ditambah dengan panitia dari Wonosobo Muda, kami mendatangi tiga sekolah. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 gelombang. Hari pertama dan kedua, MI Gesing menjadi tuan rumah kegiatan ini. Dua hari berikutnya giliran SD Tanjunganom yang kami datangi. Pada dua hari terakhir kegiatan di lakukan di SD Patakbanteng.

Melalui program Jembatani, Wonosobo Muda ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa pendidikan itu sangat penting dan menjadi tanggungjawab kita bersama. Semangat ini kami aplikasikan melalui kegiatan pertemuan dengan orangtua atau wali murid dari siswa-siswi Sekolah Dasar yang kami datangi. Pertemuan tersebut kami manfaatkan untuk menyebarkan semangat peduli pendidikan dan segala informasi-informasi yang sekiranya dibutuhkan wali murid untuk pendidikan anak-anaknya. Respon yang diterima baik dari orang tua/wali murid, pihak sekolah maupun dari siswa-siswi sangatlah positif, yang ditandai dengan antusiasme dari semua pihak.

Adapun kegiatan yang dilakukan selama 6 hari Jembatani dilakasanakan antara lain: Senam Otak, Membuat Pohon Cita-cita, Pengenalan Profesi, Sosialisasi Wali Murid, Penyuluhan Kesehatan, Kelas Keterampilan, Pertunjukkan Seni, Surat Semangat dan berbagai macam permainan lain. Selain itu, seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, setiap pertemuan selalu diawali dengan “Salam Cita-cita”. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran anak akan cita-cita mereka.

Kedepannya, gerakan ini akan dijadikan kegiatan rutin tahunan Wonoosbo Muda, mengingat antusiasme dan kebermanfaatan Jembatani. Disamping respon positif yang diperoleh, sama seperti kegiatan lain yang serupa, Jembatani belumlah sempurna, masih banyak hal-hal yang harus diperbaiki lagi. Kedepannya Jembatani akan lebih mengembangkan formula yang lebih baik lagi dari sebelumnya, hal ini semata-mata karena kami yakin dan percaya bahwa pendidikan adalah hak setiap anak dan merupakan tanggungjawab kita semua untuk memastikan itu. Bagi kawan muda yang tertarik untuk berpartisipasi, kami sedang menyiapkan Jembatani 2.0 Part 2 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *